Munculnya sosok Jamie Vardy di musim ini telah memberikan banyak perhatian untuk sepakbola non-liga. Striker Leicester City ini berhasil memecahkan rekor Ruud van Nistelrooy dengan mencetak gol di setiap pertandingan secara berturut-turut. Namun kasus Vardy tentu bukanlah kasus baru, nyatanya terdapat sejumlah pemain yang kini berhasil juga berasal dari sepakbola non-liga.

Berbeda jauh dengan Liga Premier, para klub sepakbola non-liga beserta pemainnya berjuang dengan sumber daya yang terbatas dan terkadang didukung oleh para relawan dan semangat para masyarakat setempat. Kualitas sepakbola non-liga jarang diperhatikan tetapi pastinya ada ‘permata’ yang dapat ditemukan disana.

Semua pemain yang tercantum dalam daftar ini semuanya berasal dari sepakbola non-liga yang telah tampil secara maksimal di Liga Premier. Dan kini, mereka telah menjadi bintang di Liga Premier dan inilah 10 pesepakbola Liga Premier yang berasal dari klub non-liga, diantaranya adalah :

1. Joe Hart

Kiper nomor satu di Inggris, Joe Hart telah menghabiskan satu dekade terakhir di Manchester City. Namun jauh sebelum dirinya bergabung dengan The Citizens, Hart bermain di sepakbola non-liga di klub Shrewbury Town. Dia membuat debut bersama Shrew pada tahun 2003 saat berusia 16 tahun dan melakoni 53 laga untuk klub dalam ajang Conference dan League Two sebelum bergabung dengan Manchester City.

Dalam 10 tahun berseragam The Citizens, Hart pernah dipinjamkan sebanyak tiga kali sebelum dirinya dijadikan pilihan pertama dan hingga kini dia telah melakoni 322 pertandingan untuk Manchester City. Ia telah memenangkan Premier League Golden Glove sebanyak 4 kali dan telah menjadi kiper nomor satu di Inggris dan telah melakoni 57 caps untuk timnasnya.

2. Jamie Vardy

Orang yang telah membawa begitu banyak perhatian terhadap sepakbola non-liga berkat aksinya yang begitu melejit musim ini adalah Jamie Vardy. Ia telah menjadi wahyu di Liga Premier musim ini. Vardy menghabiskan 5 tahun karir pertamanya dengan bermain di sepakbola non-liga, pertama di Stockbridge Park Steels, kedua di Halifax Town dan terakhir di Fleetwood Town.

Ternyata permainan apiknya menarik minat Leicester City, sehingga pihak klub tersebut menjemputnya pada tahun 2012. Walaupun memulai sesuatu dengan lambat, Vardy perlahan-lahan mulai menyesuaikan permainan Championship. Di musim kedua, ia mencetak 16 gol. Sekarang, ia telah mencetak 15 gol dalam 16 laga dan berhasil mengalahkan rekor Liga Premier Ruud van Nistelrooy.

3. Chris Smalling

Chris Smalling memulai karirnya sebagai pesepakbola Maidstone United saat usianya baru menginjak 17 tahun. Ia melakoni 16 laga dan mencetak 1 gol untuk klub dan tak lama kemudian penampilannya menarik salah satu klub Liga Premier, Fulham. Selama 2 musim berseragam Fulham, ia melakoni 16 laga dan kemudian hijrah ke Manchester United.

Bersama Setan Merah, Smalling menjelma menjadi salah satu bek terbaik di Liga Premier serta menjadi pemain kunci Old Trafford. Dia telah melakoni 167 laga untuk klub dan melakoni 21 laga untuk timnasnya.

4. Yannick Bolasie

Yannick Bolaise pernah bermain di liga Inggris tingkat terendah bersama Hillingdon Borough. Pesepakbola Kongo ini baru melakoni 5 laga untuk klub sebelum ia pindah ke Floriana, Liga Premier Malta. Disana Bolasie menandatangani klub Liga Sepakbola pertamanya, Plymouth Argyle dan 5 tahun kemudian, ia pun dijemput oleh salah satu klub Liga Premier, Crystal Palace.

Sekarang, Bolasie adalah salah satu winger yang paling ditakuti di Liga Premier. Di bawah asuhan sang pelatih, Alan Pardew, Bolasie mempunyai nilai harga sebesar £ 60 juta di kepalanya bagi klub manapun yang ingin merekrutnya.

5. Ashley Williams

Ashley Williams telah menjadi salah satu bek yang paling tangguh di Liga Premier selama beberapa tahun terakhir. Kehadirannya selalu diandalkan di jantung pertahanan Swansea City selama hampir 8 tahun. Williams sekarang sudah menjadi sosok ikon penting di Liga Premier dan bagi timnasnya, namun dulunya, Williams memulai karirnya di sebuah lingkup yang kurang terkenal.

Dua musim pertamanya dihabiskan di Hednesford Town, dimana ia telah melakoni 60 laga sebelum membuat langkah ke sepakbola non-liga Stockport County. Williams kemudiang hijrah ke Swansea pada tahun 2008 dan sejak itu ia telah bermain lebih dari 300 laga untuk klub dan memenangkan League One serta Championship. Ia pun telah melakoni 58 laga bersama timnas Wales.

6. Ben Foster

Kiper timnas Inggris, Ben Foster telah melakoni 8 laga untuk timnas serta telah melakoni sekitar 250 laga di Liga Premier bersama Manchester United, Watford, Birmingham dan West Brom. Ia adalah kiper yang merupakan produk asli dari akademi Stoke City dan pernah dipinjamkan beberapa kali selama karirnya di dunia sepakbola.

Ia pernah menjadi pemain pinjama di sepakbola non-liga bersama Tiverton City dan Stafford Rangers. 3 tahun kemudian, Foster membuat debut pertamanya di Liga Premier pada tahun 2007. Hampir satu dekade kemudian, Foster telah menjalani musim keenamnya sebagai kiper utama klub West Brom.

7. Danny Ings

Saat ia memulai karirnya di Bournemouth, ia dipinjamkan ke klub non-liga Dorchester Town dan bermain 9 pertandingan serta mencetak 4 gol. Ings bergabung dengan Burnley pada tahun 2011 dan ia berhasil menjadi pencetak gol produktif. Di musim berikutnya, ia membukukan 21 gol dalam 40 laga dan mencetak 26 gol di semua kompetisi sehingga membawa Burnley naik ke Liga Premier pada tahun 2014.

Di tahun 2014, ia melesakkan 11 gol dalam 35 laga sehingga membuat Liverpool jatuh hati kepadanya. Sejak bergabung dengan Liverpool, Ings telah mencetak 2 gol dalam 5 laga dan melakoni debut pertamanya bagi timnas Inggris.

8. Peter Crouch

Striker Stoke City, Peter Crouch telah bermain di Liga Premier selama 14 tahun. Ia pertama kali memulai debutnya bersama Tottenham namun menjadi pemain pinjaman setelah itu. Ia kemudian dipinjamkan ke Dulwich Hamlet di Liga Isthmian dan ke divisi dua klub Swedia. Sejak saat itu, Crouch telah berhasil membuktikan dirinya sebagai pesepakbola terbaik bagi Liga Premier dan timnas Inggris.

Dengan membukukan 22 gol dalam 42 laga untuk timnas adalah catatan rasion yang mengesankan bagi sejarah sepakbola Inggris. Crouch telah berhasil mencetak total 186 gol dalam 627 laga selama ini.

9. Callum Wilson

Callum Wilson telah membuat rekor diawal kehidupannya di Liga Premier dengan mencetak 5 gol dalam 7 laga. Mantan pemain Inggris U-21 ini memulai karir pertamanya di Coventry City dan menjadi pemain pinjaman di 2 klub non-liga seperti Kettering Town and Tamworth. Wilson dipanggil ke Liga Premier pada tahun 2015, setelah melakoni 2 musim yang fantastis bersama Coventry di League One dan Bournemouth di Championship.

10. Neil Taylor

Salah satu pemain handal di Liga Premier Inggris yang mulai terkenal pada tahun 2012, Neil Taylor memulai karirnya di sepakbola non-liga. Taylor memulai karirnya di Wrexham saat berusia 18 tahun dan menghabiskan waktu 3 tahun di klub. Dia melakoni 75 laga di ajang League Two dan Conference.

Pada tahun 2010, Taylor hijrah ke Swansea City dengan nilai transfer US$ 220.000. Lima tahun telah berlalu, Taylor telah melakoni 150 laga untuk Swans dan melakoni 26 laga untuk negaranya. Di Kejuaraan Eropa musim panan mendatang, bisa dipastikan jika Taylor akan mewakili negaranya, Wales.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *